Sunday, February 12, 2023

Mengenal Ilmu Bahasa Arab | Pengantar Ilmu Bahasa Arab

 

Ilmu bahasa arab adalah :

قَوَاعِدُ يُعْرَفُ بِهَا صِيَغُ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَّةِ وَأَحْوَالُهَا حِيْنَ إِفْرَادِهَا وَحِيْنَ تَرْكِيْبِهَا

 "Kaidah-kaidah untuk mengetahui bentuk kata-kata Bahasa Arab serta keadaannya baik dalam bentuk tunggal maupun dalam susunan kalimat"

    Ini adalah pengertian Bahasa Arab secara umum yang telah mencakup definisi ilmu nahwu dan ilmu sharaf. Terkadang ilmu sharaf dianggap bagian dari ilmu nahwu. Namun dengan melihat fokus utama pembahasannya, ilmu nahwu dan ilmu sharaf dianggap dua ilmu yang terpisah; dimana ilmu nahwu membahas susunan dan kondisi kalimat, adapun ilmu sharaf membahas perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain.

    Ilmu nahwu lebih fokus kepada bagaimana suatu kalimat itu disusun serta aturan-aturan yang terkait dengannya seperti harakat, letak kata, dan bentuk kata yang tepat sehingga suatu kalimat dapat dipahami dengan mudah. Contohnya kalimat:

جَلَسَ زَيْدٌ

(Zaid telah duduk)

    Kata "زَيْدٌ" memiliki harakat dhammatain. Pemberian harakat ini tidak dilaksanakan dengan sembarangan melainkan ada aturan yang baku mengenai hal tersebut. Seseorang tidak bisa serta merta memberikan hakikat dhammah, kasrah, kasratain tanpa melihat kondisi kalimat yang ada. Kemudian kata "زَيْدٌ" yang merupakan subjek lebuh diakhirkan ketimbang kata kerja "جَلَسَ"  padahal dalam tata bahasa indonesia, subjek lebih didahulukan daripada predikat (kata kerja). Kemudian dari sisi pemilihan kata kerja sendiri, ada aturan khusus tentang hal tersebut. Contohnya ketika yang duduk seorang wanita, maka kata kerja yang digunakan menjadi:

جَلَسَتْ هِنْدٌ

(Hindun telah duduk)

    Semua hal diatas dibahas secara terperinci dalam ilmu nahwu. Adapun ilmu sharaf tidak membahas hal tersebut, melainkan lebih fokus kepada aturan perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Ilmu sharaf membahas bagaimana kata "جَلَسَ" berubah menjadi "جَلَسَتْ" dan bentuk yang lainnya. Contohnya jika yang duduk adalah "kami" maka kata kerjanya berubah menjadi "جَلَسْنَ". Perubahan kata ini beserta rumus-rumus perubahannya dibahas secara mendalam di ilmu sharaf.

    Ilmu nahwu dan sharaf sangat penting untuk dikuasai bagi orang-orang ingin memahami bahasa arab. oleh karena itu ilmu nahwu dan ilmu sharaf disebut dengan ilmu alat; yakni membuka gudang ilmu islam. Benarlah kata seorang penyair:

النَّحْوُ أَوْلَى أَوَّلاََ أَنْ يٌعْلَمَ * إِذِ الْكَلاَمُ دُوْنَهُ لَنْ يُفْهَمَ

Ilmu Nahwu adalah hal pertama yang paling utama untuk dipelajari ... karena kalimat tanpanya, tak dapat dipahami.

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar segala sesuatu tentang minecraft dan clash royale, jika ada yang kurang dari artikel yang kami buat silahkan berkomentar.
Ingat gamer harus saling berbagi, atau saling sharing pengetahuan tentang game