Sunday, September 18, 2022

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android No Root

 Assalamualaikum Warahamtullahi Wabarokatuh

kali ini saya akan membagikan sedikit tentang cara menghapus aplikasi bawaan android atau bloatware. Sebenarnya hal ini tak pernah terpikir untuk saya lakukan, tetapi karena saya luang kemarin dan tercetus untuk menghapus aplikasi bawaan, maka dari itu saya menshare hal tersebut supaya mudah saja saya cari nantinya jika ingin melakukannya lagi dan sambil berbagi.

saya membagikan salah satu dari beberapa metode untuk penghapusan bloatware karena metode ini saja yang saya coba.

Berikut ini syarat yang diperlukan untuk melakukan metode ini

  • PC (saya menggunakan linuxmint una)
  • Kabel USB
  • Terinstall adb fastboot (jika belum tahu klik disini)
  • Telah mengaktifkan USB Debuging (jika belum tahu klik disini)

Tutorial ini terdiri dari dua tahapan, yaitu mendapatkan nama dari package dan menghapus bloaware, seperti layaknya kita ingin menyingkirkan ulat pada daun, maka kita harus tahu ulat mana yang akan disingkirkan dan cara menyingkirkannya.

Mendapatkan nama dari installer package

  • Unduh dan install APP Inspector by UBQSoft di Google Play Store


  • Buka aplikasi tersebut, klik icon search untuk mencari aplikasi yang mau di uninstall, misalnya pada contoh ini saya ingin menghapus mint keyboard, maka saya ketikkan mint
     

  • Klik pada aplikasi tersebut kemudian lihat pada bagian data, nama terkahir dari folder tersebut ialah nama dari package nya
     
     
  • Disini saya dapatkan com.mint.keyboard

Menghapus Bloatware

  • Sambungkan HP dengan laptop dengan kabel USB yang sudah disedikan tadi
     

  • Buka terminal linux dengan menekan Ctrl + Alt + T pada keyboard
     
  • Ketik perintah adb devices untuk melihat device kita
     
  • Jika nama yang muncul kode acak yang dilanjutkan dengan tulisan device, maka hp sudah bisa digunakan
     
  • jika muncul tulisan unauthorized maka lihat pada smartphone akan muncul notifikasi dan pilih OK
     

  • ketik perintah adb shell
     

  • ketik perintah pm uninstall -k --user 0 'nama.installer'
     
  • pada contoh kali ini sesuai dengan keterangan di awal saya ingin menguninstall mint keyboard
     
  • maka saya mengetikkan perintah pm uninstall -k --user 0 com.mint.keyboard
     

  • jika berhasil maka akan muncul notif tulisan Success
     
  • selamat uninstall sudah sukses

 

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar segala sesuatu tentang minecraft dan clash royale, jika ada yang kurang dari artikel yang kami buat silahkan berkomentar.
Ingat gamer harus saling berbagi, atau saling sharing pengetahuan tentang game